Tips Membasmi Jamur Pada Kucing

Di Kucing 236 views

Membasmi jamur pada kucing akan cukup menyulitkan jika sang pemilik tidak mengetahui cara dan bagaimana jamur pada kucing berkemang. Jamur pada kucing dikenal dengan nama dermatofitosis, dimana penyakit ini mudah menular dari kucing lainnya disekitar.

Penyakit jamur ini dapat menjadikan kucing kesayangan anda menjadi terlihat tidak baik dan akan merusak bulu dan kulit dari kucing. Oleh karena itu, pentingnya untuk mengetahui bagaimana ciri-cirinya, cara penularannya hingga langkah untuk membasmi penyakit ini dari kucing anda.

Bahaya dari penyakit ini bukan hanya menyebabkan gatal-gatal bagi kucing anda namun juga bisa  menyebabkan anda sebagai pemilik untuk tertular juga. jadi sebagai pemilik yang baik kita harus memperhatikan badan kucing kita dan jika ada jamur padanya kita harus membasmi jamur pada kucing

neat-cat-cat-licking

Dermatofitosis Atau Jamur Pada Kucing

Penyebab Jamur Pada Kucing

Penyebab penyakit jamur pada kucing adalah dimana spesies jamur tersebut hanya dapat menginfeksi satu spesies saja. Spesies yang menyebabkan infeksi dermatofitosems pada kucing adalah Microsporum Canis. Infeksi lain yang masih juga disebabkan dan berhubungan dengan jamur/kurap pada kucing juga disebabkan oleh spesies sejenis. Keduanya merupakan zoonosis, yang juga mampu mengifeksi manusia jika tidak berhati-hati.

Penularannya terjadi karena kontak antara kucing dengan benda-benda yang terkontaminasi. Maka dari itu , pentingnya untuk memberikan penanganan terhadap benda-benda yang terkontaminasi dan memisahkan antara kucing yang sehat dengan kucing yang sakit agar tidak menular pada kita.

waspadai peralatan grooming yang digunakan untuk kucing yang sakit misalnya sisi, sikat, karpet atau tempat tidur kucing, karena spora akan aktif selama berbulan-bulan bahkan sampai satu tahun.

Mengatasi Jamur

Anda bisa menggunakan campuran larutan pemutih dengan air perbandingan 1:10 atau 1:100 yang disemprotkan pada benda-benda tersebut. misalnya kasur, seprei, dan lain-lain.

Gejala Penyakit Jamur pada Kucing

penyakit-jamuran-pada-kucing

Terjadinya ruam merupakan ciri-ciri yang terjadi pada kucing yang terinfeksi jamur. Ruam akan muncul disekitar telinga, ekor, kepala dan bagian-bagian diantara punggung. Biasanya kucing akan sering menggaruk atau menggigit-gigit pada bagian yang terinfeksi.

Penyakit Jamur ini dapat menyebabkan kulit kucing menjadi terluka akibat terlalu sering digigit. Bisa juga karena penularan dari kucing lain yang sering bermain dengan kucing kamu.

Penularan ini dapat terjadi saat adanya kontak secara langsung, Selain faktor tersebut bisa juga terjadi kartena tempat tidur atau kandang yang kurang bersih atau bahkan tempat bermain si kucing.

Cara Menghilangkan Jamur pada Kucing

Setelah mengenali beberapa faktor dan ciri-ciri adanya jamur pada kucing kesayangan kamu, maka hendaknya kamu segera melakukan penindakan dengan cepat dengan melakukan langkah-langkah seperti berikut.

Dengan Menggunakan Obat

Kamu dapat menggunakan obat yang berupa dioles sebagai bentuk penyembuhan agar kulit kucing kamu tidak terlalu iritasi. Jika kucing kamu terkena jamur segeralah membasmi jamur pada kucing anda.

Beberapa rekomendasi yang kami berikan adalah dengan menggunakan beberapa obat luar sebagai berikut :

1. Salep

Untuk mengobati jamur daru luar adalah dengan menggunakan salep yang dioleskan.

Kamu bisa  menemukan salep untuk jamur pada kucing di PetShop di kota kamu.

Penggunaan dari salep untuk jamur ini cukup mudah hanya dengan mengoleskan di bagian yang luka pada kucing kamu. Namun ada kekurangan dalam penggunaan salem ini yaitu dengan penggunaan salep ini dapat mengakibatkan terjilatnya salep tersebut oleh kucing kamu.

Maka dari itu dibutuhkan COLLAR saat kucing diberikan salep agar tidak menjilat bagian tubuh yang diberi salep.

2. Shampo Yang mengandung Ketoconazole

Dengan menggunakan shampoo yang mengandung Ketoconazole dapat digunakan setiap anda memandikan kucing anda, kira-kira setiap 1-2 minggu sekali.

Jika kamu memiliki kucing yang terbiasa untuk dimandikan akan terasa mudah saat penggunaannnya. Namun jika kucing anda tidak terbiasa untuk dimandikan akan menjadi sangan sulit karena kucing biasanya agresif saat dimandikan. solusinya adalah memandikannya dikamar mandi dengan menggunakan air hangat dan mengunci kamar mandi agar kucing tidak keluar saat dimandikan. Karena jika kucing anda terkena jamur maka akan ada ruam pada kulit kucing dan akan terasa perih saat terkena air jadi sangat perlu membasmi jamur pada kucing secepatnya.

3. Belerang

Jika masih belum ampuh atau belum sembuh, kamu dapat menggunakan belerang dengan konsentrate sekitar 0,5 – 5% sebagai cara menghilangkan sebagagai penyembuhan bahan alami. Cara ini juga biasa diaplikasikan untuk penyembuhan panu pada manusia.

Cara ini mempunyai kelemahan yaitu kamu harus berhati-hati dalam penggunaannya, mengingat penggunaanya adalah dengan cara memandikan jadi kamu harus extra hati-hati agar belerang tidak masuk ke mata kucing.

Efek samping lainnya adalah menurunya nafsu makan kucing kamu karena bau belerang yang cukup menyengat membuat kucing malas makan.

Namun setelah jamur sembuh kamu bisa menggunakan obat nafsu makan agar kucing kembali bergairah untuk makan. lihat juga tips menggemukan kucing Tips Membuat Kucing Persia Gemuk dan Berbulu Lebat.

Tags: #kucing berjamur #membasmi jamur kucing #mengatasi jamur kucing

Tips & Cara Mengatasi Kucing Mencret
Tips & Cara Mengatasi Kucing Mencret
Cara Mengatasi Kucing Mencret ada beberapa tahapan
Tips Memilih Makanan Kucing Terbaik dan Berkualitas
Tips Memilih Makanan Kucing Terbaik dan Berkualitas
Tips dan Panduan Lengkap Memilih Makanan Terbaik
Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan
Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan
Kucing tidak mau makan bisa jadi permasalahan yang
7 Tips Efektif Membuat kucing Persia Gemuk Dan Berbulu Bagus
7 Tips Efektif Membuat kucing Persia Gemuk Dan Berbulu Bagus
Membuat Kucing persia yang gemuk dan berbulu
Harga Kucing Persia Tahun 2017 Semua Jenis Ras
Harga Kucing Persia Tahun 2017 Semua Jenis Ras
Informasi Harga Kucing Persia di Indonesia memang

Tinggalkan pesan "Tips Membasmi Jamur Pada Kucing"


Top