Tips Memilih Makanan Kucing Terbaik dan Berkualitas

Di Kucing

Tips dan Panduan Lengkap Memilih Makanan Terbaik Untuk Kucing pertama mendapatkan makanan kucing (catfood) yang berkualitas, berapapun budget yang kita miliki, ikuti tips-tips keren yang akan dikupas berikut ini.

tips memilih makanan kucing

Tips Memilih Makanan Kucing karena Makanan yang kita berikan merupakan hal terpenting dalam menunjang kesehatan jangka panjang kucing kesayangan kita. Terkadang berhemat untuk makanan kucing tidak dilakukan secara tepat, karena beberapa pemilik kucing seringkali mengabaikan masalah kesehatan yang dapat terjadi di kemudian hari yang akan membutuhkan biaya lebih besar.

Saat ini di pasaran telah banyak beredar aneka catfood dengan harga dan kualitas yang beragam. Lalu bagaimanana cara kita mengetahui produk mana yang tepat dan hal-hal penting apa yang harus dilakukan agar kita dapat berhemat, berikut ini tips memilih makanan terbaik untuk kucing.

 

Tips Memilih Makanan Kucing Terbaik dan Berkualitas

1. Pilih Catfood yang Memiliki Kandungan Perawatan Komplit (complete care)

Tips Memilih Makanan Kucing peratama harus memenuhi Kebutuhan nutrisi pada kucing karena ini sangat kompleks, mereka membutuhkan lebih dari 40 bahan gizi dalam pola makan mereka sehari hari untuk mendapatkan tubuh yang sehat. Membeli makanan yang memiliki nutrisi komplit akan menjamin keseimbangan nutrisi sesuai dengan kebutuhan kucing.

Banyak yang menyediakan makanan hewan yang memiliki gizi komplit untuk berbagai tahapan umur, gaya hidup, rasa dan kenyamanan pemilik dengan harga bervariasi. Sisa makanan manusia sebaiknya tidak diberikan kepada hewan peliharaan. Kucing terutama membutuhkan taurin, arginin, niasin, vitamin A yang sudah dibentuk, dan beberapa tipe asam lemak essential. Apabila dalam pola makannya kekurangan salah satu dari nutrisi tadi, mereka akan terkena masalah kesehatan yang berat. Makanan sisa kita terkadang mengandung kalori dan unsur-unsur yang tidak bisa mereka toleransi.

Zara Boland, seorang dokter hewan dan ahli nutrisi mengatakan: “produsen makanan hewan merumuskan resep untuk menjamin bahan-bahan tercampur dengan benar sesuai dengan tahapan umur dan gaya hidup. Saat kita sudah menentukan kategori yang tepat untuk kucing, poin utama yang harus dipertimbangkan adalah kualitasnya. Kualitas dari bahan-bahan makanan adalah tolak ukur apakah makanan tersebut dapat dicerna kucing atau tidak; semakin baik kualitasnya semakin mudah dicerna. Bahan-bahan akan ditulis pada label dan inilah yang membedakan antara satu merk dengan merk lain (akan ditulis menurun sesuai dengan beratnya) “Jangan lupa untuk meminta bantuan para ahli apabila membutuhkannya – produsen biasanya memiliki saluran bebas pulsa untuk customer service yang dapat membantu para konsumen dalam memilih makanan yang tepat sesuai budget.”

2. Anti Bahan Pengawet

Hindari memberikan makanan dengan bahan-bahan pengawet yang berbahaya seperti Butylated Hydroxyanisole (BHA), Butylated Hydroxytoluene (BHT), propyl gallate, propylene glycol, dan ethoxyquin. Bahan-bahan tersebut dicurigai dapat mengakibatkan kanker pada binatang peliharaan. Sebaliknya, pilihlah makanan dengan kandungan vitamin C dan vitamin E.

3. Kadar Air

Kucing membutuhkan makanan dengan kadar air yang tinggi. Di alam, kucing memangsa binatang yang didalam tubuhnya 70% terdiri dari air. Oleh sebab itu kucing yang makan makanan alami akan kurang kebutuhannya akan minum. Kucing yang diberi makan dry food (kibles) dan kurang diimbangi dengan minum air yang banyak akan membuat kerja ginjal menjadi berlebih. Masalah yang sering timbul kemudian adalah urinary tract disorder atau yang sering dikenal dengan istilah kencing batu, yaitu dengan gejala kucing sulit kencing, kencing berdarah, kencing diluar litter box, kucing sering menjilati area genitalnya karena merasa sakit/tidak nyaman. Jadi kalau memungkinkan berilah kucing makanan basah, dibanding dengan dry food.

4. Usia dan Kesehatan Kucing

Pastikan bahwa makanan yang akan anda berikan pada kucing sesuai dengan usianya. Selain itu sesuaikan juga dengan berat kucing serta riwayat kesehatan kucing. Selain itu, makanan kucing harus disesuaikan dengan jenis kucing yang anda pelihara serta tingkat aktivitas yang dilakukan kucing anda.

5. Tidak mengandung bahan sampingan

Sebagian orang berpendapat produk sampingan (limbah, sisa) bisa diterima, karena kucing di alam liar akan memakan seluruh mangsanya – tulang, bulu, organ internal dan lainnya.

Namun, sebagian yang lain mengkhawatirkan kualitas produk sampingan yang terkandung dalam makanan kucing.

6. Bahan Dasar 

Kucing adalah binatang karnivora murni, artinya kebutuhan makanannya semuanya didapat dari daging. Makanan terbaik bagi kucing adalah makanan yang alami, yang bisa kita penuhi dengan membuat sendiri dari daging (ikan, ayam, kalkun, dsb) dengan tambahan vitamin. Akan tetapi sering kita dihadapkan dengan kendala waktu dan tenaga yang terbatas. Selain itu home made cat food tidak bisa disimpan terlalu lama yang akan mengakibatkan rusaknya nutrisi dan resiko terinfeksi bakteri.

Untuk memberi commercial cat food (makanan pabrik), wajib kita sadari bahwa tidak semua cat food terbuat dari bahan dasar (daging) yang aman untuk kucing. Apabila didalam kemasannya tidak dicantumkan terbuat dari human grade meat (daging yang aman dikonsumsi manusia), maka kita patut curiga bahwa ada kemungkinan dagingnya adalah by product (sisa-sisa tubuh dari rumah pemotongan hewan), atau bahkan juga daging kucing atau anjing yang mati di euthanasia. Sangat disarankan untuk memilih makanan yang mencantumkan dan menjamin bahwa produknya mengandung bahan-bahan alami.

7. Budget

Hal terakhir yang patut diperhatikan dalam Tips Memilih Makanan Kucing adalah biaya. Berikanlah makanan yang berkualitas pada kucing sesuai dengan kemampuan keuangan. Jangan sampai biaya yang dikeluarkan untuk menyediakan makan bagi kucing menjadi beban keuangan.
Ada begitu banyak makanan kucing tersedia di toko hewan peliharaan,silahkan kalian pilih dengan mempertimbangkan penjelasan diatas. Tentunya pilihlah makanan yang kadar gizi nya tinggi seperti protein,vitamin, jangan memilih yang tinggi kadar lemak, karena bisa membuat kucing kita kegemukan (obesitas)

Kesimpulan

Kucing adalah hewan karnivora atau pemakan daging. Itu sebab, hewan ini memiliki kebutuhan asupan protein yang besar.Pastikan memeriksa bahan dan kandungan pada label untuk mendapatkan makanan kucing terbaik. Anda bisa memilih makanan kucing kering atau basah.

Sesuaikan pula pilihan dengan ketersediaan anggaran Anda serta kemudahan dalam mendapatkannya baik secara online maupun offline

Demikian informasi mengenai tips memilih makanan kucing, semoga bisa memudahkan Anda dalam memilih makanan yang tepat agar pertumbuhan kucing kita meningkat. Berikanlah perhatian dan nutrisi pada makanan nya yang cukup agar kucing kita di rumah menjadi sehat

Tags: #memilih makanan untuk kucing #panduan memilih makanan untuk kucing #tips memilih makanan kucing #Tips Memilih Makanan Terbaik Untuk Kucing

Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan
Penyebab dan Cara Mengatasi Kucing Tidak Mau Makan
Kucing tidak mau makan bisa jadi permasalahan yang
7 Tips Efektif Membuat kucing Persia Gemuk Dan Berbulu Bagus
7 Tips Efektif Membuat kucing Persia Gemuk Dan Berbulu Bagus
Membuat Kucing persia yang gemuk dan berbulu
Harga Kucing Persia Tahun 2017 Semua Jenis Ras
Harga Kucing Persia Tahun 2017 Semua Jenis Ras
Informasi Harga Kucing Persia di Indonesia memang

Tinggalkan pesan "Tips Memilih Makanan Kucing Terbaik dan Berkualitas"


Top